Kami Anak Anak PII:

Pelajar Islam Indonesia. Berjiwa Kepemimpinan, Berfikir Kritis, Cerdas, Cendikia,Dan Militan

11 Mar 2012

Komisariat, Cara Jitu!

Tanpa menafikan diri, bahwa kondisi kaderisasi PD PII Kabupaten Pati tidak stabil. Hal ini dikarenakan banyak faktor baik internal maupun faktor eksternal. Kurangnya profesionalisme dan kemampuan pengurus dalam melakukan kaderisasi yang efektif, efisien dan berterusan adalah faktor internal yang menghambat serta membuat kondisi ketidak stabilan tersebut, selain itu kesibukan pengurus dalam aktivitas studi dan pribadi juga berpengaruh dalam kondisi tersebut. Sedangkan banyak faktor-faktor eksternal yang bisa saja dengan tiba-tiba menghambat proses kaderisasi. Hal itu bisa kita lihat banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari pukul 07.00 - 16.30 WIB di Kabupaten Pati. Sehingga untuk mengadakan kegiatan serta pengelolaan kader seakan-akan tidak ada waktu. Selain itu, image PD PII Kabupaten Pati di masyarakat yang kurang dikenal dan menarik.

Islamic Darussalam Student Association (IDSA) atau Perhimpunan Siswa Darussalam adalah Komisariat yang pada akhir Februari 2012 telah resmi dibentuk melalui FAM (First Annual Meeting) para pelajar-pelajar dan badan induk PD PII Kabupaten Pati. IDSA sendiri dibentuk dengan tujuan utama adalah sebagai penampung kegiatan yang berlandaskan kepada nilai-nilai ke-Islam-an, baik kegiatan penelitian, travel, olahraga dan lainnya yang diperuntukkan kepada para siswa 'kost-kostan' SMA Negeri 1 Pati yang sangat banyak jumlahnya. Selain itu, IDSA juga dibentuk untuk memberikan supply kader untuk PD PII Kabupaten Pati.

Terlepas dari itu semua, latar belakang dibentuknya Islamic Darussalam Student Association (IDSA) adalah karena siswa atau pelajar-pelajar yang kost adalah pelajar yang jauh dari pengawasan orang tua dan rentan. Dalam arti hidup mereka yang jauh dari orang tua adalah pilihan buat mereka menjadi pelajar berbagai tipe. Ada yang study orientated, anak gaul, faqih dan seterusnya. Selain itu karena mereka yang berasal dari luar kota adalah anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih di bidangnya masing-masing. Sehingga butuh tempat penampung sebagai area atau wahana pengembangan keterampilan yang mereka miliki. Memang di sekolah sudah memberikan wahana namun sekali lagi yang diberikan adalah terbatas kepada apa-apa yang diaggap sistem sekolah itu baik dan sesuai dengan prinsip sekolah. Jika sekolah mempunyai suasana yang Sekular? Materalis?

Anggit Yudhistira siswa SMA Negeri 1 Pati terpilih sebagai Ketua Umum Komisariat Islamic Darussalam Student Association, serta beberapa siswa yang menduduki jabatan pelengkap yang terpilih pada 1st Annual Meeting. Pada dasarnya Komisariat ini bersifat Otonom dari PD PII Kabupaten Pati. Dimana PD PII Kabupaten Pati sebagai pengontrol kinerja dan hanya berhak menginterfensi beberapa bagian dari komisariat ini. Islamic Darussalam Student Association sendiri mempunyai beberapa komunitas diantaranya adalah Community of Science Multimedia for Information and Communication (COSMIC) dan Islamic Medical Club (I-Medic).

PROFIL KOMISARIAT
Nama : Islamic Darussalam Student Association (IDSA)
Berdiri : 23 Februari 2012 (berdasarkan SK PD PII Kabupaten Pati)
Ketua Umum : Anggit Yudhistira
Blog : i-darussalam,blogspot.com
Alamat : Wisma Malaysia Darussalam Jl. Taman Makam Pahlawan Gg.2 No. 109 Pati 59113

Tulisan akan dilanjutkan kepada Part #2

Penulis
Fatchul Wachid Mohammad Shahril
Share it Please

Unknown

pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia yang Berada Di Jawa Tengah Yaitu Kabupaten Pati. Dan Ini Merupakan Postingan Dari kepala bidang Komunikasi Umat Dan Dari Pengurus Lain.

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentar dengan bahasa yang santun dan sopan

Copyright @ 2013 PII Pati. Designed by Templateism | Love for The Globe Press